SANTIAGO MU SUNGGUH MENGGUGAH Lelaki Tua Dan Laut/The Old Man And The Sea

SANTIAGO MU SUNGGUH MENGGUGAH

 Lelaki Tua Dan Laut/The Old Man And The Sea

Ganesa Sangga Buana

 

Kegigihan seorang lelaki tua yang begitu tersirat . Lelaki Tua Dan Laut/The Old Man And The Sea adalah sebuah proses bagi segelintir orang dianggap lebih penting tapi lebih banyak pula yang menganggap hasil itu lebih penting dari segalanya. Seorang Ernest Hemingway yang dengan begitu sederhanya menulis sebuah tulisan yang menuntun dari kesederhanaan menjadikan sesuatu yang sangat luar biasa. Yang hanya sekedar menangkap ikan di laut tapi menjadikan suatu alur yang banyak memberikan nilai nilai berharga.

Santiago,seorang lelaki tua yang mendapatkan peran dari penulis sebagai nelayan yang berpengalaman.  Dari nama,Santiago sudah menampakan sesuatu dari lambang semangat,gigih dan pantang menyerah. Dengan mata yang membara walau umur sudah tak semembara ketika ia muda. Menceritakan suatu kisah di teluk meksiko untuk menangkap ikan. Diramaikan dengan tokoh anak lelaki yang setia padanya.  Perjalanan melaut yang menegangkan itu dimulai saat seorang Santiago yang melaut  seorang diri. Kali ini ia melaut begitu jauh tanpa ditemani anak lelaki itu. Begitu melelahkan yang akhirnya diakhiri dengan hanya mendapatkan sisa-sisa tulang ikan karena dalam perjalanan pulang hasil tangkapannya ternyata dimakan oleh kawanan hiu.

Ernest Hemingway telah menempatkan kita,para pembaca pada lautan sesungguhnya dunia. Sesederhana menangkap ikan menjadikan seorang mendapatkan sesuatu yang berharga. Satu nilai yang diambil dari cerita sederhana ini adalah proses seorang lelaki tua itu seorang diri dengan kegigihannya. Santiago bisa dikatakan sebagai nelayan yang berpengalaman. Tapi ada sesuatu yang tak biasa disini. Sesuatu yang berpengalaman belum tentu sukses dalam suatu peristiwa. Dalam Lelaki Tua Dan Laut/The Old Man And The Sea, Santiago seorang yang berpengalaman tapi ia lebih banyak tak mendapatkan hasil tangkapan. Yang dapat kita ambil sebagai pesan adalah jadilah seorang Santiago yang gigih. Karena pengalaman bukan suatu jaminan untuk menjadi sukses tapi pengalaman adalah kunci agar menjadi seorang Santiago yang gigih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s