Nilai Kehidupan Dalam Novel Lelaki Tua Dan Laut/Old Man And The Sea karya Ernest Hemingway Oleh: Muhamad Rifqi

Nilai Kehidupan Dalam Novel Lelaki Tua Dan Laut/Old Man And The Sea karya Ernest Hemingway

Oleh: Muhamad Rifqi

Kesuksesan di raih tidaklah mudah, perlu proses yang panjang dan berliku. Rintangan selalu melingkupi di setiap pejalanan dalam meraih sebuah kesuksesan.i tulah yang ingin di sampaikan oleh Ernest Hemingway seorang  Jurnalis dan cerpenis asal Amerika serikat yang hobi memancing..

Old man And The Sea sendiri bercerita tentang seorang yang bernama santiago ia adalah nelayan  tua   yang berlayar di teluk laut untuk mencari ikannamun sayang selama 87 hari lebih ia tidak mendapatkan ikan sama sekali, padahal dahulu ia sering sekali menangkap ikan.  namun ia tidak menyerah. Yang tadinya ia hanya mengintari arus yang tenang melambai, bersama seorang anak kecil yang bernama Manolin anak kecil ini senantiasa menjaga dan merawat beliau ia menyiapkan bekal untuk Santiago  untuk melaut. Namun sayang karena kegagalannya dalam menangkap ikan maka orang tua Manolin untuk pergi melaut bersamanya.

Akhirnya diputuskanlah Santiago berlayar seorang diri membawa perbekalan ikan sardin yang dipersiapkan  Manolin.

Di Teluk meksiko Santiago mengalami tantangan amat hebat gelombang pasang begitupun gerombolan ikan hiu menerkamnnya namun ia tak menyerah ia terus menarik ulurkan kailnya dan akhirnya ia mendapat ikan besar namun dilepaskannya kembali, karena baginya kepuasan perjuangan menagkap ikan lebih penting daripada hasil tangkapan.

Dari kisah Old Man And The Sea ini ada beberapa pelajaran kehidupan yang bisa kita ambil di antaranya tidak selamanya kita sukses dalam menjalani kehidupan pasti ada fase kegagalan di suatu saat pasti ada fase kesuksesan, bagai roda kehidupan yang terus berputar

Hal yang  terpenting adalah semangat, kerja keras, pantang menyerah untuk berjuang mencapai kesuksesan hakiki, dan satu hal lagi kekuatan doa.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s