KEBERANIAN DALAM DIRI SEORANG LELAKI TUA

KEBERANIAN DALAM DIRI SEORANG LELAKI TUA

Oleh: Ibnu Hafizh Baihaqi

 

Lelaki Tua dan Laut, atau dalam judul aslinya The Old Man and The Sea, sebuah novel karangan Ernest Hemingway yang membuat pembacanya akan melihat sendiri perjuangan seorang lelaki tua di tengah laut lepas. Sapardi Djoko Damono dengan apik menerjemahkannya ke bahasa Indonesia sehingga benar-benar membuat pembaca seakan hadir didalam novel tersebut.

Mengisahkan seorang lelaki tua bernama Santiago, seorang nelayan yang bernasib sial, karena hasil tangkapannya sangatlah tidak memuaskan, memutuskan untuk berlayar seorang diri menuju teluk Meksiko. Dikisahkan bagaimana seorang lelaki tua, yang seharusnya sudah renta, menangkap seekor ikan marlin yang sangat besar seorang diri. Disini mungkin Hemingway mencoba menyampaikan kepada pembaca bahwa, berapapun umurnya, tua, muda, pasti akan menuai hasil apabila berusaha. Namun, puncak dari novel ini adalah ketika Santiago terperangkap dalam lingkaran hiu, dimana dirinya, ditengah laut lepas, seorang diri, dicegat oleh kawanan hiu yang ingin mengisi perutnya. Tak hanya sampai disitu, Hemingway membuat pembaca berdebar ketika membuat Santiogo bertarung melawan kawanan hiu tersebut, sampai ikan marlin hasil tangkapan Santiago disantap habis menyisakan tulang.

Hemingway membuat perasaan pembaca tercampur aduk dengan plot-plot yang tidak terduga didalam buku Lelaki dan laut tersebut. Secara tersirat, Hemingway ingin menyampaikan pelajar mengenai keberanian, keteguhan dan harga diri seorang lelaki, dimana di usianya yang sudah senja, justru mengarungi laut lepas seorang diri sampai mempertaruhkan nyawa melawan sekawanan hiu demi ikan yang susah payah ditangkapnya seorang diri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s