Oleh: Ilham Fauzie

            Kesuksesan seringkali dianggap sebagai bagian dari nilai manusia. Di antara banyak aspek cerita, ide inilah yang mendefinisikan kesuksesan dan kemenangan yang membuat Lelaki Tua Dan Laut/The Old Man And The Sea karya Ernest Hemingway begitu mendalam.

Cerita yang sederhana: Santiago adalah seorang lelaki tua, nelayan berpengalaman yang belum mendapat hasil melaut selama berbulan-bulan. Di hari ke 85 ia belum mendapat tangkapan lagi, ia melaut sampai teluk Meksiko yang jauh dan bertemu ikan marlin besar di mana ia tidak bisa menarik ikan besar itu ke perahunya dan sampai menunggu sambil memegang tali pancing itu selama 3 hari sebelum ia membunuh ikan besar itu dengan harpun. Setelah menaklukan ikan besar dengan segala usahanya, Santiago pulang dengan hasil tangkapannya. Namun di dalam perjalanan pulangnya ia menghadapi hiu-hiu buas yang membuat hasil tangkapannya habis di makan pelan-pelan dan hanya menyisakan tulang.

“A man can be destroyed but not defeated.”

Memang kelihatannya cerita yang sederhana, tapi di dalamnya ada makna dan pesan besar yang memiliki relevansi melebihi waktu dan tempat. Bisa kita lihat dari perkataan dan sikap yang membangun kepercayaan Santiago pada cerita. Yang bisa ditangkap dari sikap dan perkataan Santiago, seorang pria dilahirkan bukan untuk dikalahkan, seorang pria tidak bergantung pada keberuntungan, seorang pria tidak seharusnya mengeluh, seorang pria tidak suka membual, seorang pria berjuang berapa pun umurnya. Di sini Santiago berbicara tentang bagaimana seorang pria yang seharusnya, tapi secara langsung perkataan ini adalah pesan untuk manusia, bukan hanya untuk jantan-jantan tapi untuk semua orang.

Cerita ini berbicara kebenaran yang universal dari keberadaan manusia dalam dunia, di mana rasa bangga, hormat, keuletan, dan impian yang mendasari seorang lelaki dalam usahanya untuk berkembang dalam sebuah perjuangan. Lelaki Tua dan Laut/The Old Man And The Sea adalah cerita tentang semangat gigih manusia, di mana Santiago adalah simbol sikap terhadap kehidupan, dan berjuang dengan ikan marlin perkasa yang menawarkan banyak pelajaran bagi semua orang dari waktu ke waktu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s